Tentang Kami Redaksi

450 Pemuka Agama Kumpul Bahas Kerukunan Bangsa

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

450 Pemuka Agama Kumpul Bahas Kerukunan Bangsa

Jakarta, ParlemenRakyat.com

Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP), M. Din Syamsudin membuka acara Musyawarah Besar (Mubes) Pemuka Agama untuk Kerukunan Bangsa bertema “Dengan Rukun dan Bersatu Kita Maju” yang digelar mulai hari Kamis, 8 hingga 10 Februari 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Pembukaan Musyawarah Besar Pemuka Agama untuk Kerukunan Bangsa dihadiri oleh perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin). Juga dihadiri perwakilan dari sejumlah Ormas-ormas Islam dan tokoh-tokoh ulama.

Dalam sambutannya Din Syamsudin mengatakan, hasil dari Musyawarah Besar Pemuka Agama ini akan disosialisasikan melalui serasehan yang akan dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia. "Musyawarah Besar Pemuka Agama diikuti oleh 450 pemuka dari berbagai agama, baik dari pusat maupun daerah, dimana peserta berasal dari beragam latarbelakang lembaga keumatan, universitas, organisasi kemasyarakatan dan para cendekiawan" ujarnya.

Dijelaskan bahwa forum ini sebagai ajang silaturahmi dan dialog dari hati ke hati para pemuka agama untuk mencegah potensi konflik dengan membahas masalah-masalah yang didasarkan ketulusan, keterbukaan dan keterusterangan demi mewujudkan kerukunan bangsa yang kita selenggarakan bersama: Dari Umat, Oleh Umat, dan Untuk Bangsa. Dengan dialog kita yakin dapat mewujudkan kerukunan dan bersatu, insya Allah kita akan maju "ucap" Din. (Ahr/Any SH)