Tentang Kami Redaksi

Wakil Ketua Acta: Calon Kepala Daerah akan Di bongkar Kasus Korupsinya

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Wakil Ketua Acta: Calon Kepala Daerah akan Di bongkar Kasus Korupsinya

Jakarta Parlemen Rakyat.com,

Himbauan Dari Menkopolhukam agar KPK menunda untuk mengumumkan beberapa nama Calon Kepala Daerah yang diduga akan dijadikan Tersangka sangatlah tidak tepat Dan bertentangan dengan semangat pemberantasan Korupsi, hal ini diungkapkan Ali Lubis SH wakil ketua Acta, di Jakarta 13/3/2018.

Acuan ini berdasarkan UU No 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yaitu Pasal 3 secara jelas disebutkan, KPK adalah Lembaga negara yang dalam melaksanakan tugas Dan wewenangnya bersifat independen Dan bebas Dari pengaruh kekuasaan manapun.

Kalo kita baca pasal diatas, maka sangat tidak pantas sekali kalau menkopolhukam memberikan himbauan kepada KPK terkait tugas Dan wewenangnya, justru KPK selaku lembaga Penegak Hukum yang didukung penuh oleh rakyat sudah sepatutnya melakukan hal yang terbaik untuk rakyat Indonesia khususnya dalam hal ini untuk memilih calon kepala daerah yang bersih dari korupsi di pilkada yang akan datang.

Terlebih Tugas pokok KPK yang diamanatkan oleh Undang-Undang adalah untuk memberantas tindak Pidana korupsi.

Kami sangat yakin kalau KPK dalam menetapkan seseorang untuk menjadi Tersangka berdasarkan Dua alat Bukti Permulaan yang cukup, artinya KPK bekerja berdasarkan Proses Hukum dan Aturan Perundang-undagan yang berlaku.

Oleh Karena itu kami dari ACTA, mendukung penuh KPK untuk mengumumkan serta membongkar kasus Calon Kepala Daerah yang akan dijadikan Tersangka sebab tidak ada satupun Pasal didalam Undang-Undang yang mengatakan kalau Calon Kepala Daerah tidak akan di Proses secara hukum apabila terbukti melakukan tindak Pidana korupsi.

Terkait kinerja KPK yang belum optimal, saya melihat mungkin Karena SDM nya yang terbatas yaitu khususnya para penyidiknya, saya yakin apabila Penyidik KPK ditambahkan jumlahnya maka akan sangat mengoptimalkan kerja KPK itu sendiri.

Kalau dilihat kinerja KPK saat ini sudah sangat bagus ya dengan banyaknya kepala daerah dan anggota Dewan yang sudah dijadikan tersangka, artinya KPK mempunyai keseriusan dalam memberantas tindak pidana korupsi.

Terkait ada beberapa Kasus yg belum terungkap, mungkin saat ini masih dalam tahap penyelidikan atau penyidikan jadi kita tunggu saja hasilnya.

Tentunya KPK dalam mengungkap kasus korupsi diharapkan tidak tebang pilih. Demian Ali mengakhiri wawancara kepada Parlemenrakyat.com.
(Any SH)