Tentang Kami Redaksi

Pemuda Tani HKTI Gelar Rakornas di Smesco

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com


Jakarta, parlemenrakyat.com.

Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) hari ini, Rabu 28 Maret 2018, menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Smesco lantai 4 Jalan Gatot Subroto Kav 94, Jakarta Selatan.

Rakornas kali ini dihadiri oleh dua menteri mengisi acara yaitu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal &Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo serta menteri pemuda dan olah raga, Imam Nahrawi.

Ketua Pemuda Tani HKTI, Rina Saadah menyampaikan, Rakornas ini adalah momentum berkumpulnya pelaku usaha pertanian terutama para pemuda generasi milenial bersama dengan pemerintah yang diwakili oleh menteri menteri terkait.

"Kami harapkan dapat melahirkan bibit bibit manusia yang berkualitas, yang juga sama sama bercita cita ingin mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai negara agraris terbesar dunia," kata Rina dalam paparannya.

Ditambahkan, pemuda Tani HKTI sendiri merupakan salah satu badan otonom dari HKTI yang dideklarasi pada 25 Agustus 2017 di Jakarta.

Sementara Mayjen TNI Purn Bambang Budi Waluyo, Selaku Sekjen HKTI mengatakan, regenerasi petani merupakan persoalan serius di Indonesia. Umumnya petani yang masih aktif dilapangan usianya di atas 50 tahun. Minat anak muda untuk menjadi petani sangat kecil karena mereka beranggapan pertanian merupakan dunia yang tidak bergengsi, kesan kotor dan kurang memberikan harapan bisa lebih sejahtera dibandingkan dengan profesi lainnya.

Hal ini tentunya menjadi tantangan serius yang harus dijawab oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Salah satu strategi yang dilakukan HKTI dengan membentuk organisasi sayap pemuda tani untuk membuat program yang bisa memotivasi dan menyemangati generasi muda menyukai dan mencintai dunia pertanian, "pungkas" Bambang B Waluyo. (Ahr)