Tentang Kami Redaksi

Kemenag Bersiap Layani Jamaah Haji 2018

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com @ Guna memberi pelayanan terbaik kepada jamaah haji Indonesia menunaikan rukun Islam kelima, Kementerian Agama terus melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji 2018.

"Persiapan haji sudah Alhamdulillah,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat ditanya usai meluncurkan Jam Kesehatan Haji Indonesia Indonesia di RS Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (19/4).

Menag Lukman mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggelar rapat besar bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dan juga Menteri Kesehatan (Menkes)

“InsyaAllah dalam waktu satu atau dua hari ini kita akan ada rapat koordinasi persiapan haji di tanah suci yang akan dilakukan Menko PMK bersama Menkes, dan Kemenag untuk secara terintegrasi melakukan keseluruhan rangkaian persiapan haji 2018 ini," ujar Lukman.

Dalam rencana perjalanan ibadah haji 2018, jamaah akan mulai masuk asrama haji pada tanggal 16 Juli 2018. Pemberangkatan kloter pertama akan dilakukan pada tanggal 17 Juli 2018 dengan tujuan Bandara Madinah dan kloter terakhir pada tanggal 15 Agustus 2018 dengan tujuan Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Sementara pemulangan pertama dari bandara Jeddah pada tanggal 26 Agustus 2018 dan pemulangan kloter terakhir melalui Bandara Madinah pada tanggal 24 September 2018. Seperti tahun 2017, tahun ini ada sebanyak 221.000 orang Indonesia melakukan ibadah haji. Angka ini adalah jumlah tertinggi peziarah yang datang untuk ziarah tahunan di Makkah dari negara asing dalam sejarah.

Direktur Bina Haji Khoirizi H Dasir mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar Muzakarah Haji membahas permasalahan yang berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji. “Pada muzakarah tahun ini kita akan membahas masalah dam haji,” kata Khoirizi.