Tentang Kami Redaksi

INKOPPAS: Merebut Daya Saing Pedagang Pasar

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

INKOPPAS: Merebut Daya Saing Pedagang Pasar

Jakarta, Parlemen Rakyat

Rapat Anggota Luarbiasa Induk Koperasi Pedagang Pasar (INKOPPAS), diselenggarakan pada hari minggu (6/05/2018), bertempat di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat.

Merujuk pada anggaran dasar induk koperasi pedagang pasar (inkoppas) dan keputusan pleno pengurus dan pengawas koperasi pada tanggal 21 oktober 2016 dan 06 April 2018, bahwa inkoppas segera dapat melakukan rapat anggota luar biasa.

Rapat anggota luar biasa untuk pengurus dan pengawas INKOPPAS yang dihadiri para peserta dari 30 propinsi se indonesia.

“Tujuan rapat anggota ini akan diadakan sidang kepengurusan untuk memilih salah satu ketua umum yang pokoknya memperkuat posisi pedagang pasar sebab ekonomi rakyat ini, sekarang sedang terancam jika pedagang pasar ini tidak mampu menghadapi persaingan terutama pasar ritel modern nanti ketahanan ekonomi nasional kita akan hancur maka yang sengsara adalah rakyat” ucap Fery juliantono calon ketum INKOPPAS.

selanjutnya Fery mengatakan, pada waktu krisis 1998 justru yang bertahan dan mampu adalah pedagang usaha kecil menengah yang mencegah ekonomi tidak hancur, sekarang kami berusaha memperbaiki kapasitas ini seperti menggunakan teknologi informasi, aplikasi online dan juga menjadi mediasi antara petani, peternak dan perkebunan untuk bisa masuk kepasar.

Selama ini terdapat kendala dimana pemerintah kurang memperhatikan pasar pasar tradisional karena pemerintah cenderung memperhatikan pelaku usaha besar dan modern. Memang pasar juga harus mampu menyesuaikan diri dan mampu melayani pembelian online dari masyarakat karena masyarakat sekarang sudah terbentuk pola aplikasi online maka akan disosialisasikan pasar pasar sebagai model yang baik seperti pasar yang tidak kumuh atau becek, ujar Fery Juliantoro.

sebagai tambahan mengacu pada pasal 33 UUD 1945 ayat 1 bahwa Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Koperasi didirikan dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Leo dari I Bank menjelaskan kita mempunyai BPRS, kita bergerak di Syariah karena I Bank sebagai Core Bisnis kita, dan kita mempunyai tabungan emas, tabungan perak, dan Pelayanan PPOB, pelayanan sistem pembatalan ticket, hotel dsb.

Saya minta supaya anggota anggota Koppas bisa bergabung dengan Kami yang menghadirkan unbank able menjadi bank able, karna mereka terbiasa dengan tradisional, kita sekarang dorong mereka karena pedagang pasar ini adalah pilar, kita dorong mereka supaya mereka menjadi bank able supaya tertata dengan rapi, termanage dengan rapi, uangnya aman dibank karna kita juga ada OJK dan BPS, kata Leo

Hari ini kami MOU dengan Inkoppas tujuannya jelas karna I Bank ingin melayani pedagang pedagang Koppas maupun Inkoppas.

Harapan kami supaya Inkoppas bangkit, pedagang pedagang pasar bangkit, kita juga mendukung di perbankannya, sistem pasarnya didukung oleh online pasarku, kita bergerak kedepan supaya pasar Indonesia bisa Makmur, ujar Leo. (Ahr)