Tentang Kami Redaksi

ZAKAT, RAMADHAN, DAN SOLUSI UMMAT

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

ZAKAT, RAMADHAN, DAN SOLUSI UMMAT

Jakarta, Parlemen Rakyat

Forum Zakat (FOZ) sebagai rumah besar gerakan zakat Indonesia yang beranggotakan 253 Lembaga Amil Zakat terus melakukan upaya penguatan gerakan zakat di Indonesia. Banyaknya Lembaga Amil Zakat yang tergabung dalam FOZ yang tersebar melalui 18 wilayah di seluruh Indonesia menjadi nilai tambah tersendiri karna dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berzakat dimanapun di lndonesia.

Ketua Umum FOZ, Bambang Suherman mengatakan, bahwa bulan Ramadhan merupakan salah satu momentum penting yang menjadi perhatian FOZ untuk bisa mengoptimalkan pengimpunan dana zakat melalui lembaga lembaga anggotanya di seluruh Indonesia. Bulan Ramadhan adalah momentum dimana masyarakat muslim Indonesia sedang berada dalam kondisi yang sangat prima untuk melakukan berbagai macam ibadah, salah satunya adalah ibadah berzakat.

"Secara umum, penghimpunan dana zakat Lembaga Amil Zakat anggota FOZ meningkat signifikan pada bulan Ramadhan," ujar Ketua Umum FOZ pada media di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta, Selasa 15 Mei 2018.

Menurut data yang dihimpun oleh Litbang FOZ, penghimpunan dana zakat, infak, dan sedekah pada periode Ramadhan 1438 H/2017 mencapai nominal Rp 693.495.759.269. Data tersebut dihimpun dari 35 Lembaga Amil Zakat anggota FOZ sebagai sampel, baik tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, maupun Nasional. Nominal penghimpunan dana zakat, infak, dan sedekah tersebut memberi gambaran tingginya tingkat kesadaran masyarakat untuk menunaikan zakat, infak, dan sedekah pada bulan Ramadhan.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, Litbang FOZ juga telah mengimpun data penerima manfaat dari total penghimpunan dana zakat, infak dan sedekah pada Ramadhan 1438H/2017. Sebanyak 2.688.393 kaum dhuafa merasakan manfaat dari dana zakat masyarakat yang dihimpun oleh Lembaga Amil Zakat anggota FOZ pada Ramadhan tahun lalu. Dana tersebut disalurkan dalam barbagai macam bentuk program, antara lain pemberdayaan ekonomi umat, santunan anak yatim, beasiswa pendidikan, dan lain lain.

Di tambahkan, sebagai upaya meningkatkan penghimpunan dana zakat, infak dan sedekah secara nasional pada Ramadhnn 1439H/2018, Forum Zakat mengusung tema “Ramadhan #zakatdimanamana” yang diharapkan dapat memberikan gambaran kepada mausyarakat luas bahwa menunaikan ibadah zakat dapat dilakukan dimanapun melalui banyaknya layanan transaksi zakat yang disediakan oleh Lembaga Amil Zakat anggota FOZ di seluruh Indonesia.

Dengan meningkatnya penghimpunan dana zakat, infak, dan sedekah pada Ramadhan tahun ini umumnya akan memberikan lebih banyak manfaat kepada jutaan jiwa kaum dhuafa di Indonesia, "Pungkas" Bambang S. (Ahr)