Tentang Kami Redaksi

MUI Galang Dana Peduli Gempa Lombok

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com@ Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan penggalangan dana bantuan yang akan disalurkan untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut Ketua Umum MUI, KH Maruf Amin, pihaknya merasa prihatin atas bencana alam yang menimpa sebagian daerah di NTB, khususnya Lombok.

"Penggalangan dana ini kan memang karena kita melihat keprihatinan di sana dan juga keluhan-keluhan masyarakat di sana," kata Maruf di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/ 2018), didampingi Sekjen MUI H. Anwar Abbas, Ketua MUI Abdullah Jaidi dan Direktur LPPOM Lukmanul Hakim.

Dijelaskan, penggalangan bantuan yang dilakukan MUI Pusat, juga merupakan dorongan dari MUI yang ada di daerah, khususnya MUI NTB. MUI tidak hanya menerima bantua berupa dana saja, tetapi juga menerima bantuan kebutuhan lainnya.

Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuannya, bisa langsung menghubungi panitia di kantor MUI Pusat, atau dapat mengirimkan bantuan lewat rekening milik Islamic Dakwah Fund, yaitu salah satu lembaga di bawah naungan MUI yang berfungsi untuk mengelola dana umat dan masyarakat.

"Bagi masyarakat yang ingin membantu bisa langsung melalui panitia atau ke rekening IDF. Targetnya tentu sebanyak mungkin," ujar Maruf. Rekening IDF-MUI yaitu Mandiri Syariah (7776777565), BNI Syariah (900555007) dan Bank Muamalat (3010174218). Dalam pada itu, Ketua Umum MUI juga menerima Duta Besar Arab Saudi di Indonesia yang menyerahkan dana bantuan untuk gempa Lombok sebesar Rp 1 milyar.

Sementara untuk teknis penyalurannya, yaitu bantuan yang masuk ke MUI Pusat akan disalurkan ke masyarakat gempa Lombok melalui MUI yang ada di NTB. "Nanti mereka (MUI) di sana melakukan pemetaan kira-kira kebutuhannya seperti apa. Kita juga akan bentuk panitia lokal di sana. Pokoknya kita lewat MUI NTB," jelas Lukmanul Hakim..

Seperti diketahui, dalam beberapa hari belakangan ini, NTB sudah diguncang ratusan gempa bumi. Guncangan paling besar dan berhasil meluluhlantakkan sebagian daerah NTB yaitu terjadi pada hari Minggu 5/8/2018, dengan kekuatan 7.0 SR.