Tentang Kami Redaksi

Jokowi-Maruf Daftar ke KPU, Dua Parpol Pengusung Dicoret

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com@ Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo – Maruf Amin mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Jumat (10/8/2018). KPU menyatakan berkas pasangan calon Joko Widodo (Jokowi) dan Maruf Amin lengkap. Namun dua partai, Perindo dan PSI dicoret sebagai partai pengusung.

"Kami coret dua partai yang belum ikut sebagai peserta Pemilu pada 2014 lalu, yaitu PSI dan Perindo," ujar Kepala Biro Teknis KPU Nur Syarifah di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Untuk syarat lainnya, menurut Syarifah, sudah dipenuhi oleh Jokowi-Maruf.

"Untuk syarat pencalonan kami nyatakan lengkap. Tes kesehatan pada 12 Agustus hari Minggu di RSPAD. Tolong dilihat syarat-syarat untuk kesehatan," tuturnya.

Dengan adanya keputusan KPU ini, partai pengusung mengerucut menjadi tujuh. Partai itu adalah PDIP, Golkar, PKB, NasDem, Hanura, PPP, dan PKPI.

Jokowi dan Maruf Amin tiba di KPU sekitar pukul 09.30 WIB. Keduanya disambut ratusan pendukungnya. Jokowi juga didampingi para petinggi parpol koalisi pendukungnya. Jokowi dan Maruf Amin bertolak dari Gedung Joang Cikini, Jakarta Pusat, bersama para jajaran petinggi koalisi parpol pendukungnya.

Namun, Jokowi langsung masuk menggunakan mobil sedan hitamnya. Dia tak menyapa wartawan dan massa pendukung. Massa juga menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar" menyambut kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. "Jokowi, Jokowi," teriak massa di depan KPU.

Turut terlihat Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum PPP Rommahurmuziy, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, serta politikus PDIP Ahmad Basarah.

Tampak pula Menteri Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono.