Tentang Kami Redaksi

Menag Launching Hari Santri 2018

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com @ Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren melaksanakan launching Hari Santri 2018 di kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng No. 3-4 Jakarta Pusat, Jumat (10/8).

Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin mengatakan, Hari santri tahun ini merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian, yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia.

Dengan karakter kalangan pesantren yang moderat, toleran, dan komitmen cinta tanah air, diharapkan para santri semakin vokal untuk menyuarakan dan meneladani hidup damai. Selain itu santri juga diharapkan dapat menekan lahirnya konflik di tengah masyarakat yang majemuk.

Acara puncak Hari Santri dilaksanakan pada 22 Oktober mendatang. Namun menjelang itu dilaksanakan berbagai kegiatan, antara lain; Kopdar Akbar Santrinet Nusantara 10-11 Agustus, Car Free Day Bershalawat bersama Sabyan Gambus di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat pada 12 Agustus.

Selain itu acara pengajian Kiatan Ihya Ulumuddin, serta Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayuti-Musa, Muaro Jambi. Kemudian Muktamar Pemikiran Santri Nusantara di Yogyakarta pada 10-11 Oktober. Sedangkan pada malam puncak Hari santri 2018 yang bertajuk “SantriVersary” rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Adapun tema Hari Santri 2018 yaitu, "Bersama Santri Damailah Negeri". Tema ini diusung, sebagai respon dari kondisi bangsa yang sedang menghadapi berbagai persoalan. Diantaranya maraknya hoaks, ujaran kebencian, propaganda kekerasan, dan terorisme.