Tentang Kami Redaksi

MUI Susun Pedoman Wisata Ramah Muslim

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com @ Indonesia sangat kaya dengan keindahan alam sebagai daya tarik utama bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Untuk mendukung pariwisata yang lebih baik, MUI tengah menyusun pedoman tentang wisata yang ramah bagi umat Muslim.

"Kami tengah menyusun pedoman tentang wisata yang ramah dan halal," kata Ketua Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, Hayu S. Prabowo pada focus grup discussion bertajuk "Bimbingan Teknis Pengembangan Jalur Wisata Tematik" yang digelar Kementerian Pariwisata di Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Hayu mengatakan, salah satu aspek yang turut menentukan perkembangan industri wisata muslim adalah aspek keagamaan. Namun dalam mengembangkan wisata muslim ini, aspek keagamaan yang mendasar belum dijabarkan dan diekplorasi secara mendalam dan luas.

Menurutnya, dalam hal paket wisata harus memberikan pengalaman berwisata, serta atmosfir, perjalanan, transportasi, atraksi, amenitas, berbagai barang dan jasa yang ditawarkan merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisah dengan ajaran Islam.

"Jangan berwisata malah jadi maksiat," tegas Hayu. Oleh karenanya perlu dirumuskan penyelenggara wisata ramah muslim untuk digunakan oleh seluruh komponen dalam ekositem pariwisata agar memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan muslim.

Sementara Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya Kementerian Pariwisata, Oneng Setia Harini menyampaikan, pihaknya mendukung pengembangan destinasi wisata yang ramah dan halal bagi umat Muslim. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan pertumbuhan pariwisata di Tanah Air, khususnya wisatawan Muslim.