Tentang Kami Redaksi

MUI Gelar Kongres Muslimah Indonesia Kedua

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com@ Kongres Muslimah Indonesia ke 2 akan dihelat di Jakarta, 17-19 Desember mendatang. Acara yang digelar Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia akan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum MUI KH Maruf Amin.

Adapun tema kongres adalah, "Ketahanan Keluarga dalam Membentuk Generasi Berkualitas di Era Globalisasi." Menurut Ketua Komisi PRK MUI Dr. Azizah, tema ini karena peran perempuan dalam ketahanan keluarga sangat signifikan.

"Perempuan terutama kaum ibu mcmiliki andil besar dalam tumbuh kembang anak baik secara fisik, psikis maupun psikososial, menjadi manajer dan penjaga keutuhan, kehormatan dan ketentraman rumah tangga, serta menjadi kontributor ekonomi keluarga," jelas Azizah kepada pers di Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Ia mengatakan, ketahanan keluarga yang kokoh saat ini mendapat tantangan yang besar dari masyarakat itu sendiri. Kasus bom bunuh diri di Surabaya pada Mei 2018 mengejutkan semua orang, karena seorang ibu membawa semua anaknya dalam aksi tersebut.

Selain radikalisme, perceraian menjadi momok ketahanan keluarga. Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI pada tahun 2010 menyatakan bahwa dari 2 juta orang yang menikah setiap tahun, ada 285.184 perkara yang berakhir dengan perceraian, dan jumlahnya selalu meningkat.

Masalah kesehatan juga menggerogoti ketahanan keluarga. ASEAN Milenium Development Goals (MDGs) tahun 2017 menunjukkan bahwa pada tahun 2015 angka kematian ibu saat melahirkan mencapai 305 per 100.000 kelahiran atau posisi tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Laos, yakni 357 per 100.000 kelahiran.

Sekretaris Komisi PRK MUI Verawati menambahkan, acara akan dihadiri i 200 peserta, yang terdiri dari Pimpinan MUI Pusat, Pimpinan Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga MUI Provinsi seluruh Indonesia, Ormas Islam Perempuan Tingkat Pusat, Pimpinan Organisasi Perempuan Intemasional, Ulama Perempuan, dan instansi terkait. Selain itu akan hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ryamizard Ryacudu.

Adapun tujuan KMI ke 2 adalah pertama, menjaga ketahanan keluarga Indonesia. Kedua, membangun sinergitas antara pemerintah dan masyarakat dan ketiga, menguatkan peran muslimah dalam menghadapi tantangan zaman. M