Tentang Kami Redaksi

MUI Minta China Perlakukan Uighur Dengan Baik

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com@ Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengatakan, peristiwa yang dialami warga Uighur di provinsi Xinjiang, China menjadi perhatian dan kecaman internasional. Karena itu pihaknya meminta Pemerintah China untuk memperlakukan etnis Uighur dengan baik.

"Kami mendorong pemerintah China untuk memperlakukan etnis Uighur sebagai warga negaranya dengan Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin usai Rapat pleno ke-33 Dewan Pertimbangan MUI di Jakarta, Rabu (26/12/2018).
Din menerangkan, MUI sudah mempersiapkan surat yang akan dilayangkan kepada Organisasi Kerjasama Islam (OKI) atas permasalahan Uighur.

MUI mengaku prihatin dengan perkembangan yang terjadi di Provinsi Xinjiang yang dialami etnis Uighur.
"Terlebih menggunakan reeducation camp. Ini menimbulkan pertanyaan kenapa pakai istilah camp. Camp konsentrasi itu biasnaya melakukan tindakan represif kedua melibatkan jumlah yg banyak," tutur Din.

Namun, ucap Din, MUI tidak pada posisi ingin mencampuri urusan terkait keinginan etnis Uighur untuk memisahkan diri dari China.

"Tapi kami hanya ikut mempersoalkan apa yang terjadi pada etnis Uighur," kata Din dalam rapat yang dihadiri Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir serta pengurus Dewan Pertimbangan MUI Pusat.

MUI menghargai sikap Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri yang sudah memanggil pihak Kedutaan Besar China sekaligus menyampaikan pesan dan saran terkait masalah etnis Uighur.