Tentang Kami Redaksi

KPU GELAR "PEMILU RUN" SERENTAK DI SELURUH INDONESIA

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com



Jakarta, ParlemenRakyat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar "Pemilu Run" serentak di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia pada hari Minggu tanggal 7 April 2019. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong penyelenggaraan Pemilu Serentak 17 April 2019.

Pemilu Run atau olahraga lari sejauh 5 kilometer ini menjadi salah satu strategi yang dilakukan KPU dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu Serentak 2019. Untuk itu, melalui kegiatan penggalangan aktifitas massal ini diharapkan dapat menarik minat massa dalam jumlah besar dalam satu kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih.

Melalui even ini, KPU juga mengajak generasi milenial untuk berperan serta aktif turut mensosialisasikan Pemilu 2019, seperti dengan konten-konten positif di media sosial dan membangun opini-opini positif terkait KPU dan pemilu di masyarakat.

Target peserta Pemilu Run ini di tingkat nasional minimal 5000 peserta, tingkat provinsi minimal 1000 peserta dan tingkat kabupaten/kota minimal 500 peserta, ujar Arief Budiman, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Minggu (7/4/2019).

"Selain itu, KPU juga mengundang perwakilan dari Kementerian/Lembaga atau instansi baik dari pusat maupun daerah, perwakilan LSM, Ormas, akademisi (kampus/sekolah), relawan demokrasi, dan masyarakat umum," tambahnya.

Pada tingkat Nasional oleh KPU RI, Pemilu Run berpusat di area Gelora Bung Karno. Rute yang dilalui adalah Start Pintu 7 menuju jalan Jenderal Sudirman yang ke arah Jembatan Semanggi, kemudian putar balik ke arah jalan Jenderal Sudirman yang ke arah Patung Pemuda Senayan, kemudian putar balik ke arah jalan Jenderal Sudirman menuju finish Pintu 7 kembali.

Sebagai kegiatan dari penyelenggara pemilu. kegiatan dengan tema "Pemilih Berdaulat Negara Kuat" ini tentu kegiatan ini bebas dari atribut peserta pemilu 2019, tetapi diperkaya dengan alat peraga sosialisasi Pemilu 2019 yang bisa memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya berpartisipasi dalam Pemilu Serentak 2019. (Ahr)