Tentang Kami Redaksi

Siberkreasi, Persatuan Artis Film, dan Bawaslu Serukan Pemilu Damai

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com


Jakarta, ParlemenRakyat

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengidentifikasi 1.224 hoaks sejak Agustus 2018 sampai akhir Maret 2019. Tren merebaknya hoaks secara bertahap meningkat tajam dalam tiga bulan terakhir: 175 hoaks di bulan Januari, 353 hoaks di bulan Februari, dan 453 hoaks di bulan Maret 2019.

"Dampak kerusakan hoaks dapat mengancam kualitas demokrasi. Beredarnya berita bohong, perudungan siber, ujaran kebencian, kemarahan yang dibuat-buat, dan pembocoran data pribadi bisa menjadi bagian dari disinformasi dan malinformasi yang mengacaukan akal sehat," ungkap Dedi Permadi, membuka sambutannya dalam konferensi pers di Media Center Bawaslu RI, Thamrin, Jakarta, Senen (14/4/2019).

Dedy Permadi yang juga adalah Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menambahkan, bahwa di era ini, masyarakat betul-betul dituntut untuk sadar dan berhati-hati. Tidak semua konten yang beredar di lnternet memuat kebenaran, bahkan ada jenis konten yang memang sengaja dijadikan senjata untuk mendiskreditkan pribadi maupun lembaga publik tertentu.

Terkait beberapa hal di atas, Dedy mengatakan, semakin mematikan ketika dikombinasikan dengan algoritma media sosial yang menciptakan fenomena "ruang gema" (echo-chamber). Kebohongan yang terulang lama kelamaan bisa dianggap sebagai sebuah kebenaran.

"Pengguna media sosial kerap kali tidak menyadari bahwa dirinya sedang berada dalam pengaruh informasi yang terdistorsi. Yang sering ditemui justru sikap merasa paling benar dan menolak konten selain yang diyakininya benar, meski berdasar fakta sekalipun," pungkas Ketua Umum GNLD Siberkreasi.

Dalam Konferensi Pers yang diselenggarakan atas kolaborasi Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Persatuan Artis Film (PARFI) 56, dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia pada hari Senin, 15 April 2019 di Media Center Bawaslu RI; diserukan upaya pemilu damai.

Hadir dalam konferensi pers ini Komisioner Bawaslu RI Mochammad Afifuddin; Ketua Umum Siberkreasi Dedy Permadi beserta Dewan Pengarah Siberkreasi Diena Haryana dan Donny BU; dan Ketua Umum Parfi 56 Marcella Zallianty beserta Pengurus Parfi 56 Ray Sahetapy, dan Olivia Zallianty. (Ahr)