Tentang Kami Redaksi

Kloter Perdana Jamaah Haji Berangkat ke Tanah Suci

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com @ Jamaah haji Tanah Air mulai bertolak ke Tanah Suci hari Sabtu, 6 Juli 2019. Kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji Indonesia akan berangkat ke Arab Saudi, Sabtu (6/7) dari Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Pemberangkatan perdana ini menandai dimulainya gelombang penerbangan yang akan berakhir Agustus nanti.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut kedatangan calon jamaah haji kloter pertama dan kedua yang tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jawa Timur. Kloter pertama diberangkatkan dari Bandara Juanda Surabaya sekitar pukul 03.00 WIB. Kemudian kloter kedua diberangkatkan pada pukul 07.00 pada hari dan bandara yang sama.

Jamaah tersebut berasal dari Kabupaten Magetan sebanyak 445 orang, Ngawi sebanyak 315 orang, Ponorogo sebanyak 62 orang, dan Kota Surabaya sebanyak 68 orang. Ketika di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, jamaah dikumpulkan di Hall Mina untuk Kloter 1 dan Hall Zaitun untuk Kloter 2. Di sana, mereka menjalani proses pemeriksaan dokumen, kesehatan, dan lainnya terkait perjalanan haji.

Sementara calon jamaah haji kloter pertama DKI Jakarta telah tiba di Asrama Haji Embarkasi Jakarta, di Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (6//7). Sebanyak 382 jamaah calon haji kloter pertama tersebut melakukan proses administrasi, pemeriksaan kesehatan, dan istirahat di pemondokan asrama haji untuk selanjutnya diberangkatkan pada Ahad (7/7) dini hari.