Tentang Kami Redaksi

Gelar Fashion & Beauty Bazaar, Mandiri Dukung UMKM Indonesia

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com


Jakarta, ParlemenRakyat

Mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, Bank Mandiri mengadakan "Mandiri Fashion & Beauty Bazaar" dengan kegiatan menarik seperti Bazaar Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bank Mandiri, kelas kecantikan, workshop membuat sabun, dan sebagainya, pada Sabtu 10 Augustus 2019, di Halal Park Senayan.

Acara Fashion & Beauty Bazaar dihadiri oleh Beauty Vlogger, Tasya Farasya dalam acara "Beauty Class & Meet & Greet". Selain itu, "Mandiri Fashion & Beauty Bazaar" mengadakan Workshop "Soap Bar Making" dan menghadirkan puluhan tenat dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bank Mandiri. Bertempat di Halal Park, Gelora Bung Karno, Senayan, acara ini memiliki rangkaian kegiatan Iain seperti make up challenge, live music performance dan community gathering.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Bank Mandiri untuk mendukung Iaju ekonomi Indonesia, melalui UMKM dan industri kreatif. Karena itu, pada kesempatan kali ini Bank Mandiri mengadakan kelas dan workshop yang harapannya dapat memberikan keterampilan tambahan kepada para peserta kegiatan, ujar Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas pada media, Sabtu (10/8).

"Dalam mengembagkan UMKM dan lndustri Kreatif, Bank Mandiri juga menggelar ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Ajang yang telah berusia 12 tahun ini sudah menciptakan lebih dari 36.000 wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Lalu Rohan menjelaskan, dukungan Bank mandiri dalam menebar inspirasi berwirausaha kepada generasi muda diharapkan generasi muda dapat menjadikan WMM sebagai sebuah media aktualisasi diri sekaligus promosi atas inovasi dan kreasi diri.

Pada 2019, rangkaian pelaksanaan kegiatan WMM diawali dengan tahap verifikasi lapangan pada tanggal 9-18 Agustus 2019; Tahap penjurian Zona pada 24-26 September 2019; penjurian nasional pada 9 Oktober 2019, dan puncak penganugerahan WMM award pada tanggal 11 Oktober 2019 di Jakarta.

WMM 2019 yang mengusung tema "Berani Muda, Berani Berkarya" membagi kategori kompetisi diantaranya, industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi. Adapun, total hadiah bagi pemenang di tahun ini mencapai hingga Rp 2 Miliar.

Rangkaian kegiatan akan dimulai dengan roadshow sosialisasi WMM di 4 kota yaitu Malang, Jogjakarta, Pontianak dan Palembang pada tanggal 6 16 Agustus 2019. Targetnya, WMM akan diikuti oleh 5.000 peserta dari usia 18-35 tahun, dengan minimal usaha 1 tahun dan omset Rp 300 juta/tahun.

Seleksi akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal administrasi pada tanggal 1-8 Agustus 2019. lnformasi pendaftaran dapat di akses melalui website Bank Mandiri www.bankmandiri.co.id.

Selanjutnya, tahapan verifikasi lapangan pada tanggal 9-18 Agustus 2019. Peserta juga akan melalui penjurian zona pada 24-26 September 2019, dan penjurian nasional pada 9 Oktober 2019.

Sementara itu, puncak acara yaitu WMM Award akan diselenggarakan pada 11 Oktober 2019 di Jakarta.

Tahun ini, dewan juri WMM terdiri dari profesional muda berprestasi, diantaranya Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri, Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo sebagai seniman, aktivis sosial, dan pelaku bisnis. Selain itu, Ahmad Zaky, CEO Bukalapak, dan Chef Renata, Masterchef Indonesia juga akan menjadi juri kali ini.

Diakhir wawancara, Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas mengatakan, pelaksanaan program WMM diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi generasi yang dapat menciptakan lapangan kerja yang peduli dan mau berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Sejak pertama kali digelar pada 2007, Iebih dari 36.000 wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia tercatat menjadi bagian dari komunitas ini, baik sebagai juara, finalis maupun peserta. (Ahr)