Tentang Kami Redaksi

Pemprov Sumbar Galang Dana Wamena

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlementaria.com @ Guna membantu korban kerusuhan di Wamena, Papua khususnya perantau asal Minang yang ingin pulang ke Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar melakukan penggalangan dana.

"Sebenarnya yang jadi korban bukan hanya orang Minang, tapi ada orang Bugis, orang Jawa. Tapi orang Minang punya kepeduliaan yang lebih, ini positif," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada malam penggalangan dana korban di Wamena di Hotel Balairung Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Irwan mengatakan, aparat keamanan TNI-Polri maupun pemerintahan setempat menjamin masalah disana. "Tapi ibu-ibu dan anak-anak ingin pulang, kita fasilitasi," ujarnya.

Sementara Wakil Gubernur Nasrul Abit mengatakan, pihaknya membantu pemulangan korban dengan kapal laut. "Kalau mau pulang, kami hanya bantu pulang, tidak bisa bantu kembali," kata Nasrul Abit kepada pers di Jakarta.

Dari data tim saat melakukan kunjungan ke Wamena beberapa waktu lalu ada 1.470 orang yang ingin pulang. "Dari data sementara ada 1.470 orang yang ingin pulang. Diperkirakan dibutuhkan dana sekitar Rp 2,5 miliar untuk memulangkan mereka," kata Nasrul Abit.

Nasrul mengatakan, saat ini Pemprov Sumbar melakukan penggalangan dan dengan membuka rekening Sumbar Peduli Sesama untuk menampung bantuan dari masyarakat Sumbar yang ada di Sumbar maupun perantauan.

Namun dia berharap, para perantau dapat bertahan di Wamena. "Harapan kami mereka bertahan disana. Kita kasih modal kembali sehingga bertahan hidup disana," ujar Nasrul.

Pada malam pengumpulan dana yang dihadiri berbagai komunitas terkumpul dana lebih dari tiga milyar rupiah. Pemprov Sumbar juga masih memberi kesempatan kepada donatur menyumbang melalui rekening Sumbar Peduli Sesama.