Tentang Kami Redaksi

Komunitas Literasi Jangan Monoton

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat@ Guna meningkatkan Gerakan Literasi Nasional, Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghelat kegiatan bengkel praktik baik berliterasi baca-tulis bagi komunitas literasi di DKI Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung di gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jakarta, 9-11 Oktober 2019 diisi dengan paparan narasumber, antara lain; Dr. Hurip Danu Ismadi, Dr. Tengku Syarfina, Heri Hendrayana, Rahmat Heldy, dan Sarip Abdul Rohman.

Kegiatan yang diikuti 80 peserta dari berbagai komunitas atau pegiat literasi dibuka oleh Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Kemendikbud Hurip Danu Ismadi. Menurutnya, gerakan literasi di tanah air harus ditingkatkan.

Hurip memaparkan tentang enam literasi dasar pada era evolusi Indonesia 4.0. "Sebagai pengelola komunitas literasi jangan monoton, harus inovasi," ujar Hurip sebagai pendiri Taman Bacaan Masyarakat yang pertama di Solo.

Dia juga memaparkan tentang literasi dasar meliputi literasi baca-tulis, numerisasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial dan literasi budaya dan kewargaan.

Menurutnya, tantangan saat ini sangat hebat. Untuk itu bagaimana memahami revolusi teknologi baru yang membawa transformasi baru umat manusia.