Tentang Kami Redaksi

Akbar Ingin Kader HMI Jadi Presiden

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com@ Politikus senior Partai Golkar, Akbar Tandjung berharap suatu ketika ada kader Himpunan Mahasiswa Islam ((HMI) atau Korps Alumni HMI (KAHMI) menjadi orang nomor satu atau Presiden Republik Indonesia.

"Kalau orang nomor dua sudah pernah, yakni pak JK (Wapres), Ketua MPR sudah pak Amien Rais, Ketua DPR saya dan Bamsoet, saya berharap kader HMI ada yang jadi orang nomor satu," kata Akbar pada acara sarasehan nasional KAHMI di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Pada acara tersebur mantan Ketua Umum HMI ini juga meminta sistem pemilu saat ini diubah untuk menghentikan praktik politik uang. Menurut Akbar, politik uang saat ini menjamur di Indonesia.

"Sistem pemilu kita secara proporsional suara terbanyak, maka itu banyak praktik transaksional," kata Akbar pada sarasehan dengan tema "Demokrasi Pemilu dan Keindonesiaan".

Akbar menyarankan agar pemilu hendaknya kembali kepada sistem tertutup. Hal ini juga sebagai upaya mengantisipasi banyaknya politisi terjerumus ke dalam praktik korupsi.

"Kita kembali pada sistem yang tertutup. Tapi partai lah tugas kita pilih, memperkuat kelembagaan parpol," tegasnya.