Tentang Kami Redaksi

Diskusi Merajut Papua Dalam Bingkai NKRI

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com@ Iluni UI menggelar diskusi bertajuk "Merajut Papua dalam bingkai NKRI" di Gedung IASTH, Kampus UI Salemba, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengungkapkan ada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berada disekitar perusahaan tambang eksplorasi bijih PT Freeport Indonesia.

Menurutnya, kelompok tersebut telah beraksi sejak lama dan ingin menganggu perusahaan tersebut. Namun Kapolda menyebutkan anggota kelompok KKB tersebut tidak begitu banyak.

"Oh itu ada, KKB sebutannya kelompok kriminal bersenjata. Jadi mereka berkelompok tapi sering melakukan perbuatan kriminal dan mereka bersenjata," kata Paulus Waterpauw dalam acara diskusi yang dihadiri Pangdam Cenderawasih, Bupati Merauke dan Bupati Puncak.
j
Menurut Paulus Waterpauw, senjata yang dimiliki kelompok tersebut didapat dari hasil mencuri dan merampas dari aparat keamanan.

"(Personil) tidak banyak, mereka berkelompok. Mungkin daripada mereka nganggur, mereka freeman, mereka tidak punya gaya apa-apa, modalnya merebut senjata anggota, mencuri, merampas, menganiaya anggota dan dengan senjata yang mereka miliki itu melakukan kekerasan itu tidak hanya kepada aparat, masyarakat mereka sendiri," ungkapnya.

Lebih lanjut, Paulus Waterpauw mengatakan, motif yang disuarakan KKB ialah masalah kesejahteraan atau masalah ekonomi.

"Motifnya ekonomi, perusahaan-perushahaan, pemerintah, pengusaha-pengusaha tertantang sama mereka untuk meminta bantuan. Mau makan enak tetapi dengan caranya seperti itu," katanya.