Tentang Kami Redaksi

Pameran Ekonomi Syariah

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com @ Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-6 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 12-16 November 2019. Acara ini merupakan inisiasi Bank Indonesia atau BI, digelar sejak 2014. Para pemegang kepentingan terkait pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia turut terlibat dalam acara tersebut.

Kini, BI berkomitmen meningkatkan cakupan kegiatan ISEF ke level internasional. Menariknya, ISEF ini kali digelar di tengah ketidakpastian ekonomi global. Sejumlah negara tengah mencari keseimbangan baru akibat perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Di sisi lain, Indonesia menghadapi masalah serius defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD).

Jangankan negeri yang lemah, negeri yang sehat saja pada saat ini bisa ikut sakit. Tekanan ekonomi tidak hanya terjadi pada negara-negara dengan fundamental ekonomi yang buruk, tetapi juga di negara-negara dengan fundamental yang masih relatif sehat seperti Indonesia.

Kondisi itu membuat produksi di Indonesia menurun. Karena itu, butuh solusi baru untuk menciptakan tatanan ekonomi dunia yang lebih adil dan tumbuh proporsional. Caranya bisa dengan meningkatkan produktivitas, distribusi pendapatan yang lebih inklusif, dan transaksi keuangan berdasarkan aktivitas ekonomi yang nyata. Semua ini mengandung prinsip-prinsip ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam.