Tentang Kami Redaksi

Survei Pilpres 2024, Anies dan Sandi Bersaing Ketat

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com@ Kendati pemilihan presiden (Pilpres) 2024 masih lama, namun terdapat nama-nama tokoh yang muncul menjadi kandidat saat Pilpres nanti.

Lembaga survei dari Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) memaparkan hasil survei bertema "Proyeksi Politik 2024" di Hotel Grand Alia Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/2).

Survei ini melibatkan 2.197 responden di 34 provinsi dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar 2,13 persen.

Direktur Eksekutif PPI, Adi Prayitno mengatakan, survei yang dilakukan dalam rangka melihat proyeksi politik 2024 itu membeberkan sebanyak 15 nama tokoh yang memiliki elektabilitas yang baik.

15 tokoh tersebut diantaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan; Sandiaga Uno; Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ustaz Abdul Somad, Gatot Nurmantyo, Susi Pudjiastuti, Andika Perkasa, Erick Thohir, Puan Maharani, Moeldoko, Nadiem Makrim, Airlangga Hartarto dan Budi Gunawan.

Hasil survei yang dilakukan sejak 25 Januari 2020 hingga 10 Februari 2020, Sandiaga Uno dan Anies Baswedan memperoleh elektabilitas paling baik dari 15 tokoh tersebut.

"Kita tanya ke responden, jika pemilu presiden diadakan hari ini siapa calon presiden yang akan Bapak Ibu pilih dari 25 nama calon. Hasilnya, Sandiaga Uno memperoleh 17,9 persen dan Anies Baswedan sebesar 11,9 persen," ucap Adi Prayitno.

Dari kedua tokoh yang memiliki elektabilitas baik itu disusul oleh Ganjar Pranowo dengan perolehan 11,2 persen responden memilih, disusul lagi AHY sebesar 8,4 persen dan Ridwan Kamil 7,3 persen. Sedangkan 10 tokoh lainnya memperoleh dibawah 6 persen responden memilih.

Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling di 220 Desa atau kelurahan di seluruh Indonesia