Tentang Kami Redaksi

152 Calon Pejabat Eselon II Kemenag Seleksi CAT

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com@ Menyusul tahapan seleksi administrasi calon pejabat pimpinan tinggi pratama atau setingkat pejabat Eselon II Kementerian Agama tahun 2020, sebanyak 152 pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi berhak mengikuti tahapan seleksi Computer Assisted Test (CAT).

Tes CAT akan digelar pada 12 Mei 2020, mulai pukul 10 WIB atau 11 WITA atau 12 WIT, demikian Ketua Panitia Seleksi yang juga Plt Sekjen Kemenag Nizar, di Jakarta, Rabu (06/05).

Menurutnya, CAT akan dilaksanakan pada 29 lokasi yang tersebar di 29 provinsi. Lokasi tersebut ada yang di Kanwil Kemenag Provinsi, Kantor Pusat BKN (Badan Kepegawaian Negara), Kanreg BKN Provinsi, dan UPT BKN yang ada di sejumlah provinsi.

Kepala Biro Kepegawaian Saefuddin menambahkan, materi CAT meliputi: Manajemen Aparatur Sipil Negara, Manajemen Kinerja dan Strategi Pengembangan Kompetensi, SOTK dan Pelayanan Publik, serta Rencana Strategis. Total ada 60 soal yang harus dikerjakan dalam 45 menit. Nilai tertinggi adalah 300 sedang terndah adalah 0 (Nol).

"Jika terdapat kesamaan nilai total antar pelamar dalam satu jabatan, maka akan dibandingkan terlebih dahulu nilai Manajemen Aparatur Sipil Negara dan seterusnya untuk menentukan peringkat pelamar," jelasnya.

Saefuddin menegaskan bahwa peserta CAT harus segera berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Provinsi. Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, peserta berkoordinasi dengan Biro Kepegawaian. Peserta juga harus hadir 60 menit sebelum CAT dimulai.

"Pelaksaan CAT tetap mengikuti protokol kesehatan dalam penanganan Covid-19. Peserta harus membawa surat keterangan sehat Covid-19 dari instansi berwenang," urainya.

"Setiap peserta akan mendapatkan surat tugas dari Plt Sekjen yang dikirim ke peserta melalui alamat email yang didaftarkan kepada panitia. Surat tugas tersebut harus ditunjukkan kepada panitia," katanya lagi.

"Maksimal hanya enam pelamar dengan nilai CAT terbaik pada setiap formasi yang bisa ikut seleksi tahap berikutnya. Pelamar yang tidak ikut CAT dianggap gugur," tandasnya.