Tentang Kami Redaksi

Menkop dan UKM Sudah Salurkan 50 Persen Banpres Produktif

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat@Jakarta

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI (Kemenkop dan UKM RI) telah menyalurkan 50 persen bantuan presiden (Banpres) Produktif atau bantuan langsung tunai (BLT) untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

" Per hari ini sudah 50 persen yang sudah tersalurkan. Tinggal kita bagaimana mempercepat penyaluran dan diharapkan para pelaku UMKM bisa memanfaatkan bantuan ini, " ujar Menkop dan UKM RI Teten Masduki dalam acara Karya Kreatif Indonesia yang disiarkan langsung secara virtual Minggu (30/8/2020).

Lebih lanjut ia menambahkan, pihaknya tahap pertama akan menyasar jutaan pelaku mikro. " Untuk tahap pertama program ini akan menyasar 9,1 juta pelaku usaha mikro dan proses pencairannya akan selesai pada bulan september, " ujar Menkop dan UKM RI Teten Masduki.

" Program Banpres Produktif ini sudah diluncurkan oleh pak Presiden kemarin dan ini adalah dana hibah bukan pinjaman. Per pengusaha mikro akan diberikan dana sebesar Rp2,4 juta dan ada 12 juta pelaku usaha mikro yang kita targetkan untuk menerima bantuan ini, " jelas Menkop dan UKM RI Teten Masduki.

Untuk para pelaku mikro yang belum mendapatkan Banpres Produktif ini, kata Teten, dapat menghubungi ke Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia.

Program Banpres Produktif yang telah diluncurkan Presiden Jokowi pada beberapa hari lalu untuk membantu para pelaku UMKM di Indonesia yang terdampak pandemi virus korona atau covid 19.

" Kita berharap dengan bantuan ini para UMKM bisa bersama sama kembali berusaha karena kemarin modal mereka digunakan untuk keperluan konsumsi keluarga, " ujar Menkop dan UKM RI Teten Masduki. (Alex/Rizal) foto Kompas.com