Tentang Kami Redaksi

Pandemi Covid-19, GPI Minta Tunda Pilkada Serentak

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com@ Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang masih melanda tanah air, pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan segera dilakukan pada Desember mendatang.

Menurut Sekjen Gerakan Pemuda Islam (GPI) Diko nugraha, Pilkada serentak 2020 yang diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19 sebaiknya ditunda, karena dapat menimbulkan penyebaran Covid semakin meluas.

"Pelaksanaan Pilkada serentak lebih baik ditunda karena dapat nyawa masyarakat. Apalagi korban covid di tanah air terus bertambah," tandas Diko Nugraha kepada pers di Jakarta, Jumat (18/9).

Hingga Minggu (13/9/2020), kasus Covid-19 di Indonesia telah mencapai 214.746 kasus dengan 8.650 kasus kematian dan 152.458 pasien yang telah dinyatakan sembuh.

Menurut Diko, adalah ironis jika rakyat diperintahkan untuk disiplin agar terhindar dari Covid-19, tetapi pemerintah maupun parlemen tetap menggelar kegiatan yang dapat menimbulkan ancaman bagi keselamatan nyawa rakyat Indonesia.

Untuk itu lanjut Diko, pemerintah harus segera mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) penundaan Pilkada serentak 2020. Pemerintah harus arif demi menyelamatkan nyawa rakyat. "Presiden agar segera membuat perppu penundaan pilkada serentak," tandasnya.