Tentang Kami Redaksi

Depok Terapkan Tilang Elektronik Mulai 1 November 2020

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat@Depok

Satlantas Polres Metro Depok dan Dishub Kota Depok telah meluncurkan electronic traffic law enforcement (e-TLE) atau tilang elektronik, Jumat (25/9/2020).

Peluncuran e-TLE atau tilang elektronik itu bertujuan untuk menindak tegas kepada pengemudi kendaraan bermotor yang melanggar lalulintas di Jalan Raya Margonda kota Depok Jawa barat.

Kamera e-TLE dipasang di jembatan penyeberangan orang (JPO) depan kantor Pemerintahan Kota Depok, Jalan Raya Margonda.

Meskipun e-TLE sudah di luncurkan tetapi penerapan penegakkan hukumnya diberlakukan mulai 1 November 2020." Satu bulan ini 1-31 Oktober itu tahap sosialisasi. Per 1 November maka penegakkan hukum akan berlaku," ujar Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Erwin Aras Genda kepada wartawan Jumat (25/9/2020).

" Jadi apabila per 1 November ada pelanggaran maka (bukti pelanggaran dan tagihan denda) akan dikirmkan ke rumah pemohon sesuai dengan alamat identitas kendaraan tersebut," ungkap Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Erwin Aras Genda lagi.

Polisi akan melakukan konfirmasi 14 hari kepada pemohon atau pelanggar berlalulintas untuk memberikan jawaban.

Selama bulan September ini ketika polisi melakukan sosialisasi gencar tertib berlalulintas di Jalan Raya Margonda. " Terjadi penurunan selama 40 persen pelanggar lalulintas disana termasuk diantaranya penggunaan jalur lambat dan jalur cepat," ungkap Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Erwin Aras Genda.

" Baru pada 1 November (tilang elektronik)sudah pasti diberlakukan bukan tahap sosialisasi lagi tetapi penegakkan hukum," pungkas Kasat Lantas Polres Metro Kompol Erwin Aras Genda. (Alex)