Tentang Kami Redaksi

Demo Protes Macron di Jakarta Berlangsung Tertib

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat.com@ Ribuan umat muslim dari berbagai ormas, antara lain Front Pembela Islam (FPI) dan PA 212 melakukan aksi unjuk rasa di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Perancis, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Senin (2/11/2020).

Massa mengecam Presiden Perancis Emmanuel Macron yang dianggap menghina ajaran Islam. Ustad Haikal Hassan saat menyampaikan orasi yang menggebu-gebu mengecam Emmanuel Macron dengan sebutan Macron biadab.

Orasi Haikal Hassan di atas mobil "komando" yang parkir di depan Gedung Sarinah dekat Kedubes Prancis disampaikan dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. "Izinkan saya membaca dalam bahasa Inggris agar sampai kepada kuping biadab itu," kata Haikal Hassan.

Meski demikian demo protes Macron berlangsung aman dan tertib. Saat Ashar tiba, massa melakukan shalat Ashar berjamaah. Mereka pun mengambil wudhu dengan memakai air mineral. Massa melakukan shalat dengan khusyuk meski dilakukan di tengah jalan.

Sementara polisi nampak melakukan penjagaan di sekitaran gedung Kedubes Prancis dengan memasang pagar kawat berduri. Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru Novianto kepada media menyatakan aksi dilaksanakan secara baik dan tertib.

"Beberapa elemen dari Islam alhamdulillah sampaikan aspirasi dengan baik dan tertib," ujar Heru. Aksi demo dimulai sekitar pukul 13.00 WIB. Massa aksi mulai meninggalkan lokasi pada pukul 16.00 WIB.