Tentang Kami Redaksi

TIANG PENYANGGA UMMAT DUNIA PONDASINYA AJARAN AGAMA ".

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

" Ajaran Agama Menuntun Ummat Dunia Agar Bumi Yang Kita Pijak Ini Manusia Meyakini , Peran dan Fungsi Agama Adalah Merupakan Tiang Pondasi Dunia Sehingga Manusia Bisa Hidup Berdampingan.  

Tidak hanya itu, Agama hadir di tengah kehidupan manusia dimana saja karena untuk mengatasi persoalan antar manusia , sebelum agama itu, hadir ditengah Ummat Manusia ".

Hotel Milenium Jakarta , dilangsungkan temu antar ummat manusia dari kalangan tokoh agama berdiskusi tentang " Perlindungan Ummat Tokoh / Pemuda dan simbol - simbol dalam rangka Memperkuat NKRI.

Peserta yg turut hadir sebagai penyiar ajaran agama diwakili dari organisasi keagamaan seperti dari PBNU, MUI, KWI, NSI PUSAT, PHDI, KHONG HU CHU, PGI PUSAT. Dan Masyarakat Umum yang hadir sebagai undangan.

Dimulai dari Wakil Menteri Agama R.I. Drs. H.zainut Tauhid Saad duddin menyampaikan pemikirannya.

Secara singkat penulis mencatat bahwa Komisi Kerukunan Antar Ummat Beragama yang memahami permasalahan antar kerukunan , peran dan fungsi Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia    sangat            berpotensi untuk mengatasi karena mewakili ummat yg terbanyak dari pemeluk ajaran agama  lainnya di NKRI.

Oleh karena itu, Menag menempatkan kekuatan perlindungan terkait  masalah tersebut  melalui terciptanya  RUU tentang Perlindungan Pemeluk Agama sebagai pelindung dari kalangan yang  anti ajaran agama, demikian catatan singkat penulis disaat hadir meliput dialog  yg berwawasan global .

Sementara Tokoh Agama yang di hormati dari  kalangan ummat nya,   adalah pemimpin yg diharap untuk memperkuat kebersamaan didalam kehidupan suatu negara ,seperti di NKRI terdiri dari beberapa ajaran keyakinan adalah merupakan tiang penyanggah berdirinya kerukunan antar agama baik di dalam negeri maupun antar negara sehingga penulis berkeyakinan bahwa agama yang ada di dunia pada saat ini , yang sebenarnya adalah tiangnya persatuan ummat dunia untuk saling berhubungan dari berbagai  aspek diantaranya  sosial budaya , ekonomi dan polkam , demikian pendapat penulis terkait penyampaian Menag disaat berbicara untuk  membuka acara diskusi itu.  Pada hari Rabu 04 Nopemver 2020.  Di Jakarta.

Begitu peran agama di dunia pada saat ini , sangat menentukan keberlangsungan kehidupan di dunia karena memiliki power ummat sebagai tiang penyangga berdirinya peradaban dunia yang pada saat ini, sangat sensitif dari bahaya terjadinya konflik horisontal maupun secara vertical. Karena itu, harus di kuatkan dengan perlindungan UU antar pemeluk agama di dunia pada saat ini. 

Dalam hal menanggapi sebagaimana yang di sampaikan oleh  Wamenag mengkaitkan paham Pancasila dengan iklim penganut ajaran agama di R.I dimana ajaran Pancasila itu, dapat saya sebutkan  sebagai  Al Kitab nya bangsa NKRI untuk bersama dalam kerukunan , meskipun berbeda tetapi dapat menyatukan ummat yang ada di R.I. Sebagai negara yg pluralis.

Memahami ajaran agama seperti yang penulis sampaikan  kepada publik bahwa disaat sesi terakhir pada acara dialog itu, yang dikotbakan tentang  ajaran Islam dalam hal ini, disampaikan oleh Ustad Marsudi Suhud dari Tokoh PBNU  ,dalam  mengawali pembahasannya dan bertanya kepada pendengar dari berbagai asal profesi dan keyakinan , mengatakan ......bahwa apakah dari sebelumnya " persoalan dulu yang hadir di tengah ummat  , atau agama dulu ....  ".lanjut ia bertanya.

Ternyata Ketua PBNU itu, menjelaskan bhw lahirnya ajaran agama itu, karena adanya persoalan ditengah kehidupan ummat manusia dimana penyelesaian permasalahannya melalui ajaran agama sebagai penegakan hukum. Dalam permasalahan yang terjadi di masyarakat, ungkap beliau.

Jadi yang sebenarnya adalah bahwa agama itu, adalah hukum.

Juga bisa terjadi persoalan krn pertentangan antar pemeluk agama , agama apa pun itu. 



Murhan Ramli
(Parlemenfakyat.com