Tentang Kami Redaksi

Kerja Sama UNPAD dengan Majalah Berbahasa Sunda Manglé

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Bandung_ Parlemenrakyat
Majalah berbahasa sunda “Mangle “ lahir pada 21 Oktober 1957 di Bogor , Jawa Barat memiliki satu-satunya majalah berbahasa Sunda di dunia, yaitu Manglé. Majalah mingguan yang telah berusia 58 tahun ini konsisten menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa redaksionalnya. Salah satu tujuannya untuk ikut melestarikan kebudayaan Sunda. 25/06/2015]

Demikian Hal ini diungkapkan Pemimpin Umum Majalah Manglé, Drs. H. Uu Rukmana, M.Si., diruangkerjanya dibilangan Pangkur Bandung Jabar. Siang tadi. ( 24/07/2015) “Manglé itu jangan terkesan majalah sastra dan budaya saja, tapi segala aspek kehidupan yang menyangkut kemajuan bangsa,” ujar Kang UU panggilan akrabnya.
Penandatanganan Piagam Kerja Sama sekaligus Perjanjian Kerja Sama Unpad dengan Majalah Manglé ini dilakukan oleh Rektor, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr., dengan Uu Rukmana. Acara tersebut juga dihadiri Kepala Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Drs. Sudarma, Kamis (25/06) lalu waktu masih berkantor di Jalan Pangkur No. 20 Bandung.
Menurut Kang Uu Rukmana , dalam pengembangan keilmuan tersebut pihaknya menggandeng Unpad sebagai salah satu Perguruan Tinggi terkemuka di Jawa Barat. “Selama ini kami sering memuat berbagai kegiatan Unpad di Majalah Manglé. Tentunya akan dibaca dan diketahui masyarakat umum di seantero Jabar,” tuturnya.

Sebagai perwujudan kerja sama, pihaknya akan membuka rubrik khusus Unpad di majalah Manglé. Rubrik yang direncanakan bertajuk “Balebat Pajajaran” ini membuka kesempatan bagi civitas akademika Unpad, mulai dari mahasiswa, dosen, hingga staf untuk mengekspresikan berbagai pandangan keilmuan.

“dengan demikian orang Sunda, khususnya di luar Jawa Barat, mengetahui sampai dimana kemajuan orang Sunda. Apakah cuma ngokok saja ataukah sudah maju,” sambungnya.

Bentuk kerja sama lain yang akan dilakukan adalah kesempatan berkuliah bagi staf direksi Manglé di Unpad, serta tawaran magang bagi mahasiswa Unpad.

humas unpad_2015_06_25_032077Rektor pun merespons positif dibukanya rubrik khusus Unpad di Majalah Manglé. Menurutnya, kehadiran Manglé sudah mengakar bagi masyarakat Jawa Barat sehingga diseminasi berbagai ilmu pengetahuan akan berjalan lebih baik.
.
Rektor pun optimis Manglé bisa sejajar dengan media lainnya, terutama media yang menyasar generasi muda. Untuk itu, Manglé diharapkan bisa meng-update berbagai tantangan perubahan budaya yang ada di masyarakat.
Dalam pembicaraan terakhirnya Kang UU mengatakan , majalah Mangle sedang mempersiapkan acara Halal Bi Halal pada hari Rabu 29 juli 2015 pukul 10 pagi di Bale Rumawat universitas Padjadjaran Bandung , turut mengundang Para Tokoh jawa barat bersama Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan. ( Hilda )