Tentang Kami Redaksi

OPERASI KARTIKA JALA KRIDA WORLD EXPO 2015

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Parlemenrakyat_Jakarta
Operasi Kartika Jala Krida World Expo Milan 2015 dilaksanakan dengan sukses oleh Komando Lintas Laut Militer KRI Banjarmasin-592. Penyambutan dilakukan dengan sederhana dalam upacara militer yang dipimpin langsung oleh Menteri Ekonomi Bidang Kemaritiman, Dr.Ir. Indroyono Soesilo, M.Sc. Didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, SE, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S.Sos, Gubernur AAL Mayjen TNI Guntur IC Lelono, Pejabat Teras AL, dan Pejabat Teras dari Kementerian Kemaritiman dan Kementerian Pariwisata.

Kementerian Ekonomi Bidang Kemaritiman melaksanakan agenda program Expo Milano di Italia bekerjasama dengan TNI AL dalam hal ini KRI Banjarmasin-592 dalam prosesi penyambutan di Kolinlamil TNI AL Tanjung Priok

Dalam kesempatan itu, Menko Indroyono menjelaskan World Expo Milan yang bertema "Feeding The Planet, Energy For Life" ini merupakan salah satu event terbesar dunia setelah World Cup, dan Olimpiade, yang diikuti oleh lebih dari 140 negara dunia.
"Ada pertukaran budaya dan beberapa kesenian yang dibawakan oleh peserta dari masing-masing negara. Demikian juga Indonesia, ada genderang suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut dan gelar budaya yang di gelar oleh STP dan STIP di Pavilyun Indonesia WEM." Jelas Indroyono.

Sementara itu Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Ade Supandi menerangkan, tujuan dari pelayaran KRI Banjarmasin-592 untuk memberikan gambaran dalam implementasikan ilmu pendidikan dan ilmu pelayaran.
"Sebagai panduan agar siap menjadi kader yang mampu memimpin dengan baik serta menjadi duta budaya Indonesia dengan menghadirkan keramahan Indonesia." jelas KASAL Ade Supandi.

dijelaskan , bahwa KRI Banjarmasin, mempunyai spesifikasi, Panjang 125m, Displacement 7,300 ton, dengan kecepatan maks. 15,4 knots yang dapat diiisi dengan Helikopter 5 unit, LCVP 2 unit, lengkap dipersenjatai dengan 1 unit kaliber 57mm, dan 2 unit kaliber 40mm, dilengkapi ruang khusus untuk sistem kendali senjata. "kapal ini mampu mengangkut 22 Tank, dan 560 pasukan, tambahnya.

KRI Banjarmasin-592 membawa personel ABK sebanyak 239 orang serta pendukung sebanyak 23 orang. Melibatkan 161 Taruna dan pelajar dari Akademi Angkatan Laut (AAL), STIP dan STP, serta SMK pelayaran dan SMU Cilacap ( Hugeng )