Tentang Kami Redaksi

IDA AYU PASYA SUKSESOR FINALIS PUTRA PUTRI BATIK NUSANTARA 2015

Foto | Istimewa | ParlemenRakyat.com

Jakarta, Parlemen Rakyat.
Batik telah diresmikan oleh Unesco sebagai salah satu warisan dunia dan telah mendapatkan penghargaan sebagai The Intangible Heritage of Humanity pada tahun 2009. Oleh karena itulah Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) didukung oleh Kementerian Pariwisata RI kembali menyelenggarakan "Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara (PPBN) 2015" untuk ke 5 kalinya. Dalam malam final Putra Putri Batik Nusantara 2015, IPBN menyelenggarakan bekerjasama dengan beberapa sponsor besar, salah satunya adalah perusahaan Ekspedisi Jasa Pengiriman Tiki JNE, Batik Air, The London School Of Public Relation, Bhakti Budaya Djarum Foundation dan banyak perusahaan lainnya. Sementara untuk malam final dilaksanakan di Kementerian Pariwisata, Jakarta, pada malam ini (19/9), dan Keberhasilan penyelenggaraan ini telah membuka kemungkinan yang lebih luas bagi generasi muda untuk dapat turut serta mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia ke dunia Internasional.

Menurut Ayu Diah Pasya, Ketua Umum IPBN, Kegiatan ekonomi Indonesia membutuhkan penggerak yang kuat bagi rakyat Indonesia, dan disinilah peran batik Indonesia menjadi penggerak ekonomi dan menjadi salah satu kekuatan bagi penggerak ekonomi bangsa. Selama ini IPBN menjalankan 4 program utama, pertama, program BATIK TRIP adalah salah satu program memperkenalkan batik ke seluruh Indonesia. Kedua BATIK ATTACK, adalah program workshop membatik, yang selama ini telah melangsungkan pelatihan hingga 1200 peserta. Ketiga, program GEBYAR BATIK MUDA NUSANTARA, yang telah 4 tahun berturut turut dengan program yang salah satunya adalah pemasaran dan divisi pengembangan batik IPBN yang telah berhasil bekerjasama dengan Pasar Pondok Indah dengan nama "OTENTIK".
"Batik Indonesia dikenal di seluruh dunia dan merupakan kekuatan ekonomi bangsa." jelas Ayu dalam sambutannya.

Ayu, sebagai salah satu suksesor dalam program PPBN, menjelaskan bahwa Juri dalam malam final ini adalah juga Juri pada tahun tahun sebelumnya, seperti, DR. Sapta Nirwandar, Titik Djoko, renitasari Adrian, Dr Jacky Mussry, Musa Widyatmodjo.

Sementara itu perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Esty Reko Astuty, Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara mengatakan, bahwa mulai dari tahun pertama pada 2011, kegiatan ini merupakan apresiasi warisan budaya bangsa lengkap dengan pelestariannya. Dan dengan acara PPBN ini, diharapkan dapat melestarikan dan mengembangkan batik hingga tumbuh sebagai penyangga ekonomi kreatif bangsa.
"Kegiatan ini sangat berpengaruh untuk menaikan indeks ekonomi Indonesia di mata dunia, dimana batik sebagai salah satu fashion turut menyumbang hingga 10 % devisa negara." Jelas Esty Reko Astuty.

Sebanyak 14 Finalis dari seluruh Indonesia berhasil lolos dan terbang bersama Batik Air untuk mengikuti Karantina di Jakarta pada tanggal 16 hingga 20 September 2015 ini.

PARA PEMENANG PPBN 2015 :
Untuk PPBN 2015 ini berhasil dimenangkan oleh Pasangan Putu Nanda Pramadya dan Iqbal Amrullah.
Untuk Pemenang Persahabatan PPBN 2014 2015 adalah Nadira Primantari dan Ganda Himawan. Dan untuk Pemenang Favorit PPBN 2015 Adalah Asti Wulan. A dan Pujangga Putu B. Sementara untuk Kategori Pemenang Berbakat PPBN 2015 adalah Pasangan Sofura Maulida dan Cakra Manuaba.

Para pemenang akan mendapatkan 50 juta, 25 juta dan 5 juta rupiah bagi pemenang Juara 1, 2, dan 3. Dan penghargaan lainnya adalah beasiswa S2 di London School of Public Relation, dan kesempatan untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia melalui berbagai kegiatan dalam dan luar negeri.

(Hugeng)